20 Apr 2013

[KMDGI X] Karya Simbiotik DKV UNPAS : Infografik Rute Angkot Kota Bandung


Karya Simbiotik KMDGI X
Infografik Rute Angkot Kota Bandung
Oleh Desain Komunikasi Visual - Universitas Pasundan

Dosen Pembimbing : Rahadian P. Paramita S.Sn
Ketua Panitia Karya : Reza Permadi
Director & Editor : Firli Herdiana
3D Artist : Arief Rahman
Cameraman : Faishal Fatkhi A., Qadhafi, Afrijay, Subangkit, Bahy
Narator : Nilaras
Tim Karya : Dzulfikri, Hendi R, I Gede S.




Kota Bandung adalah salah satu kota metropolitan yang mempunyai angkutan umum dengan populasi yang sangat padat. Berbagai permasalahan, diantaranya mengenai sektor transportasi. Permasalahan yang perlu diperhatikan dalam transportasi ini yaitu angkutan umum dalam kota (Angkot) di Kota Bandung. Kebingungan masyarakat dalam mencari jalur yang dilalui angkutan umum karena kurangnya informasi mengenai trayek angkutan umum yang begitu banyak dan rumit di kota Bandung khususnya bagi masyarakat yang berkunjung ke Kota Bandung.

Kenyataannya salah satu faktor masyarakat tidak ingin menggunakan angkutan kota sebagai alternatif yang baik yaitu masyarakat lokal pun masih banyak yang bingung bahkan tidak mengtahui rute tujuan angkutan kota yang menghubungkan antar daerah yang satu dengan yang lainnya hingga para pendatang pun enggan untuk berkunjung ke Kota Bandung dengan menggunakan transportasi umum karena rute yang membingungkan. Ini menjadi salah satu perhatian karena akan berdampak buruk yang dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat pengguna jalan, sopir angkutan kota, ataupun pemakai angkutan kota dalam segi materi dan waktu. Sedikitnya dapat mempermudah masyarakat untuk mencari akses menuju suatu tempat di Kota Bandung.

Karena pentingnya perencanaan rute pada trayek angkot dalam transportasi yang menjadi jalur daerah-daerah penting yaitu khususnya wisata belanja maka kebutuhan akan informasi mengenai trayek angkutan umum yang melewati titik-titik wisata di kota Bandung merupakan kebutuhan yang sangat penting.



Maksud yang ingin dicapai adalah agar masyarakat lokal maupun luar Kota Bandung dapat memudahkan agar masyarakat mengetahui rute angkot secara detil dan megetahui rute angkot yang melintasi titik-tikik pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Dengan membangun suatu sistem informasi rute trayek angkutan umum Kota Bandung yang memiliki tur perencanaan perjalanan dan visualisasi peta trayek. Sebagai media informasi yaitu sebuah desain yang menyampaikan informasi untuk mengubah pikiran dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Perancangan media Infografik rute angkot Kota Bandung ini menggunakan konsep seperti infographic subway angkutan umun yang bearada di Negara-negara lain yang sudah memiliki inovasi dan tetap sesuai dengan identitas Negara serta kotanya. Begitu pula dengan media infografik yang dirancang di Kota Bandung, Indonesia. Angkutan Kota yang tepatnya sering disebut angkot ini memang adalah suatu moda transportasi yang terkadang dikucilkan karena pola prilaku supirnya akan tetapi menjadi sesuatu yang dibutuhkan dan sulit untuk dipisahkan bahkan sudah jadi membudaya di Kota Bandung.