8 Jun 2011

Tinjauan Desain : Banding-bandingin Desain yuk!

Didunia ini makin banyak aja desain produk yang keluar berserakan tiap bulannya, yang anehnya konsumen banyak banget yang percaya produk tersebut karna iklan yg WAH!.. desainer emang paling jago kalo soal beginian..Ehhhh tapi produk tersebut benar-benar berfungsi gak buat yang pake? atau malah tidak berfungsi dengan baik atau yang disebut produk gagal..

Nahhh Saya dan temen saya yaitu si Gelar(botak), Noval(ucok), Rizky(kisanak) dan pa Arief akan bahas desain produk yang menyelesaikan masalah bagi penggunanya dan yang malah menjadi nambah-nambahin masalah.. mariii gan..
Desain Produk yang benar-benar menyelesaikan masalah menurut kami adalah

Handphone Tahan Banting

Sonim adalah salah satu vendor yang meluncurkan handphone tahan banting seperti Sonim tipe X3. Desain handphone ini diperuntukkan para adventurer, para pencinta alam terbuka, dan orang-orang sejenis yang menyenangi tantangan ekstreme di ruang terbuka. 

Ponsel yang paling tangguh dengan rating IP67. Rating ini berarti ponsel benar-benar tahan debu dan air sampai kedalaman 3,3 kaki (sekitar 1 meter). Selain itu ponsel yang diberi nama XP3 Quest ini bahkan tak apa-apa jika jatuh dari ketinggian 6,5 kaki (1,98 m) di permukaan semen. Diceburkan ke air selama 30 menit pun tak masalah. Ponsel juga bisa beroperasi pada suhu ekstrem, dari – 5 sampai 130 derajat. 

Ketangguhan itu masih ditambah dengan daya tahan baterai lithium-ion yang tahan siaga 1.500 jam atau sampai 18 jam waktu bicara. Selain itu, ada speaker custom yang bisa menghasilkan suara sampai 110 db, atau 45 persen lebih kuat dibandingkan ponsel biasa. Layar ponsel pun dibuat tahan kejutan (shock-resistant) dan lulus sertifikasi tingkat-militer MIL-810F. MIL-810F adalah sertifikasi uji-militer untuk ketahanan terhadap kelembaban, garam, kejutan, dan panas. 


Satu lagi contoh handphone tahan banting yaitu Samsung B2100. merupakan handphone yang didesain khusus anti air dan anti debu, handphone hasil produksi vendor asal korea ini kembali menapilakan fitur Military Standard 810F, tahan bantingan, anti debu dan kotoran, juga tahan dalam suhu yang ekstrim sekalipun Handphone Samsung B2100 ini juga memiliki serifikat IP57, dan dapat bertahan selama 30 menit di dalam air yang berkedalaman lebih dari 1 meter, tanpa adanya kerusakan atau cacat apapun.

Yang terakhir adalah Ericsson r310 dan 3250

Dua-duanya tahan banting, juga ditambah dengan sinyal super kuat yang ditangkapnya.
Desain dan spesifikasi yang dibutuhkan para pecinta alam, olahraga ekstreme dan bahkan sebagail ponsel militer, ponsel ini sangat membantu. 
Dilihat juga dari pekerjaan mereka yang rentan ponselnya jatuh atau bahkan masuk ke dalam air, ponsel ini berfungsi denganbaik.

dan..
Desain Produk yang tidak menyelesaikan masalah ialah

Kuncian Jendela Angkot

Angkutan Kota atau disingkat angkot memang menjadi alat transportasi paling efektif bila ingin berpergian di sejumlah daerah di Indonesia.. Tapi tahukah anda ada sebagian kecil yang kita tidak pernah sadari bahwa itu adalah produk gagal.. yaitu kunci jendela angkot, coba anda rasakan bila sedang kepanasan diangkot dengan jendela tertutup, tetapi anda sulit menggeser atau membuka jendela tersebut, padahal jendela tersebut sudah dilengkapi dengan kuncian yg mudah kita geser.. tetapi kenapa hampir sebagian angkot yang ada sekarang sangat sulit sekali untuk digeser.. padahal kuncian tersebut masih terlihat baru, dan baru bisa dibuka jika kita mengeluarkan dengan sekuat tenaga.. apakah itu efektif? Padahalkan penggguna angkot bermacam2 umur dan jenis kelamin, tetapi kenapa jendela angkot itu seperti memang di desain sangat sulit dibuka..

Jadi sebetulnya kuncian jendela angkot sangat tidak berfungsi dengan efektif.


1 komentar:

Rahadian P. Paramita mengatakan...

Fotonya mane euy eta jendela angkot?